Beranda | Artikel
Islam Adalah Agama Yang Sempurna – Prinsip Dasar Islam (Ustadz Fachrudin Numan, Lc.)
Selasa, 21 November 2017

Bersama Pemateri :
Ustadz Fachrudin Nu`man

Islam adalah agama yang sempurna merupakan ceramah agama Islam oleh: Ustadz Fachrudin Nu’man, Lc.

Download juga kajian sebelumnya: Contoh Bahwa Islam Agama Yang Mudah Bagian 3 – Prinsip Dasar Islam

Ringkasan Ceramah Agama: Islam Adalah Agama Yang Sempurna

Tentu merupakan perkara yang disepakati ditengah seluruh kaum muslimin bahwa agama yang diturunkan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala kepada Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam adalah agama yang sempurna. Karena apabila ada seorang muslim mengatakan agama Islam agama yang belum sempurna atau kurang, masih membutuhkan syariat baru, membutuhkan kitab baru selain kitab Al-Qur’an, membutuhkan Nabi baru selain Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam untuk menyempurnakan syariat, maka keyakinan ini keyakinan kufur dan dapat mengeluarkan pelakunya dari agama Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Pada kesempatan yang lalu, telah dibahas tentang lima keistimewaan dari agama ini. Yaitu,

  1. Agama ini sempurna
  2. Agama ini umum untuk seluruh manusia bahkan jin. Tidak terbatas untuk satu kaum saja
  3. Langgeng sampai hari kiamat
  4. Mudah
  5. Sangat jelas.

Agama Islam sudah sempurna. Tidak boleh ditambah dan dikurangi. Kewajiban umat Islam adalah mengikuti agama Islam yang sempurna ini. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

الْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ وَأَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِي وَرَضِيتُ لَكُمُ الْإِسْلَامَ دِينًا ۚ فَمَنِ اضْطُرَّ فِي مَخْمَصَةٍ غَيْرَ مُتَجَانِفٍ لِّإِثْمٍ ۙ فَإِنَّ اللَّـهَ غَفُورٌ رَّحِيمٌ ﴿٣﴾

“Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu. Maka barang siapa terpaksa karena kelaparan tanpa sengaja berbuat dosa, sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (Q.S Al-Ma’idah [5]:3)

Al-Hafidz Ibnu Katsir rahimahullahu ta’ala menjelaskan bahwa ini adalah nikmat Allah yang sangat besar yang diberikan kepada umat ini. Tatkala Allah Subhanahu wa Ta’ala menyempurnakan agama mereka sehingga mereka tidak butuh agama yang lain selain agama mereka dan nabi lain selain nabi mereka yaitu Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam.

Allah Subhanahu wa Ta’ala menjadikan beliau sebagai penutup para nabi dan mengutusnya kepada seluruh manusia dan jin. Sehingga tidak ada yang halal kecuali yang beliau Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam halalkan dan tidak ada yang haram kecuali yang beliau Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam haramkan. Tidak ada agama kecuali yang beliau Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam syariatkan. Semua yang dikabarkan adalah haq dan tidak ada kebohongan serta tidak ada pertentangan sama sekali. Sebagaimana Allah berfirman:

وَتَمَّتْ كَلِمَتُ رَبِّكَ صِدْقًا وَعَدْلًا

“Dan telah sempurna kalimat Rabb-mu (Al-Qur-an), (sebagai kalimat) yang benar dan adil …” (Q.S Al-An’aam [6]: 115)

Simak Penjelasan Lengkap dan Download MP3 Ceramah Agama: Islam Adalah Agama Yang Sempurna


Jangan lupa untuk ikut membagikan link download kajian ini ke Facebook, Twitter, dan Google+. Semoga bisa menjadi pembuka pintu kebaikan bagi orang lain.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/29359-islam-adalah-agama-yang-sempurna-prinsip-dasar-islam-ustadz-fachrudin-numan-lc/